Pages

Labels

Zoel Fikria Blog

Jumat, 06 April 2012

Tentang Jogja Hip Hop Foundation


Didirikan oleh Marzuki Mohammad aka Kill the DJ pada 2003, Jogja Hip-hop Foundation (Yayasan Hip-hop Jogja, JHF) memproyeksikan dirinya untuk mengakomodasi kru-kru hip-hop di Yogyakarta yang berbahasa Jawa. Walau namanya terdengar formal, gerak-gerik JHF sebenarnya lebih berbasiskan komunitas daripada institusi formal. Acara-acara yang kami adakan didanai oleh penjualan album dan souvenir. Setelah proyek Poetry Battle, beberapa sponsor mulai menawarkan dukungan pada proyek-proyek JHF.
Setelah beberapa proyek kecil, kami memulai proyek puisi Indonesia pada 2006. Kami kemudian memproduksi album Poetry Battle 1 pada 2007 dan Poetry Battle 2 pada 2008. Keduanya berisi puisi-puisi dan sastra kuna; mulai dari literatur dari abad ke-18 sampai dengan puisi kontemporer. Tujuan Poetry Battle sebenarnya sederhana; mempromosikan kasih sayang dan kebhinekaan melalui kedua tema yang diangkatnya; “love” dan “respect to the others”.
Lini terdepan JHF adalah tiga kru yang secara konsisten membawakan rapnya dengan bahasa Jawa. Kru-kru itu juga menggabungkan bebunyian Jawa dengan dengan hentakan musik urban. Mereka adalah Jahanam, Rotra, dan Kill the DJ; sekelompok anak-anak nakal Jawa yang berdiri di persimpangan budaya.
JHF baru saja meluncurkan sebuah film dokumenter berjudul Hiphopdiningrat; The tales of Javanese Hip-hop.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Powered By Blogger
Powered By Blogger
Powered By Blogger